Rasi Bintang

rasi bintang

Apa itu Rasi Bintang – Kita hanya bisa melihat bintang secara banyak hanya pada saat malam hari, lalu kenapa terkadang bintang yang kita lihat membentuk pola tertentu ya tapi apa itukah yang dinamakan rasi bintang?

Pengertian Rasi Bintang

Rasi bintang adalah kumpulan beberapa bintang dan membentuk pola tertentu jika dilihat secara seksama. Biasanya digunakan seperti untuk Zodiak atau bintang yunani kuno. Rasi bintang juga sering dikaitkan dengan astrologi dan mitologi. Dan rasi bintang berbentuk sebuah objek, binatang ataupun orang jika kita berimajinasi lebih jauh.

Manfaat

Petunjuk Arah Utara

Bintang Ursa Major yang dikenal sebagai bintang biduk atau beruang besar ini terdiri dari 7 bintang dan muncul di sebelah langit utara sehingga rasi bintang ini dijadikan sebagi petunjuk arah utara untuk mengenalinya sangat-sangat mudah karena salah satu bintang yang palaing terang di ujung kontelasinya.

Petunjuk Arah Barat

Menuju Barat kita akan menemui Bintang Orion maka dari itu rasi bintang digunakan untuk petunjuk arah barat, bintang orion ini biasa dikenal dengan sebutan bintang pemburu. Terdiri atas tiga bintang yang sejajar yang membentuk sabuk Orion Belt

Petunjuk Arah Selatan

Rasi Bintang Crux berbentuk meyerupai ikan pari atau layang-layang, dan akan tampak jika kita melihat arah selatan dan bintang ini biasa disebut rasi bintang Salib Selatan.

Petunjuk Arah Tenggara

Rasi bintang Scorpion/Scorpius dapat menunjukkan arah tenggara karena bentuk yang seperti kalajengking rasi bintang ini sulit dicari konstelasinya karena konstelasinya yang rumit dan karena letaknya di tenggaraa sudah pasti rasi bintang ini selalu berada di tenggara.

BACA JUGA: Kenapa Matahari Menjadi Pusat Tata Surya & Karakteristik Dari Matahari

Penentu Musim

di musim yang berbeda rasi bintang juga ikut berubah. Datangnya musim dingin di dengan munculnya rasaa bintang orion. Dan musim panas atau semi ditndi dengn munculnya rasi bintang segitiga musim panas di langit. Karena sekarang musim panas tidak menentu makaa sulit untuk mengetahui dari rasi bintang.

Membantu Para Astronom

Di era modern ini rasi bintang sangat membantu para astronom untuk menentukan nama bintang. Dikarenakan bintang-bintang yang diberi nama sesuai letaknya di rasi bintang dimana bintang itu berada. para astronom bakal tau karena sebagai patokan dimana letak bintangnya di gugusan mana.

Penolong Bagi Pendaki Gunung

Karena wajibnya pendaki gunung harus bisa membaca tanda-tanda alam maka rasi bintang dapat membantu agar bisa mencapai sesuai tujuan dan bisa kembali lagi.

Kapten kapal memerlukan rasi bintang sebagai navigasi dan di era modern kenapa masih menggunakan rasi bintang padahl sudah alat canggih, dikarenakan untuk jaga-jaga jika beberapa bagian kapal yang rusak jika dimalam hari menggunakan rasi bintang jika pagi dan siang bisa menggunakan matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *