Karakteristik Dari Matahari

Karakteristik Dari Matahari

Karakteristik Matahari – matahari menjadi benda langit terbesar di tata surya kita. Matahari adalah pusat sistem tata surya kita sehingga planet dan lainnya mengorbit seperti komet, bintang, satelit, asteroid bergerak mengelilingi matahari. selain itu matahari juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia maupun bumi sendiri. ukuran matahari pun juga lebih besar yaitu 109 diameternya dari bumi.

Permukaannya memiliki suhu 5.500 derajat celcius atau 9.932 derajat fahrenheit, sedangkan dibagian inti memiliki suhu 15 juta derajat celcius. mau tahu karakteristik matahari mari kita bahas!

Pengertian dan Karakteristik Matahari

Melansir Nasa, matahari adalah bintang yang terletak di pusat tata surya juga sumber utama kehidupan di bumi, dan matahari sering disebut bintang G-TYPE. Jarak rata-rata matahari ke bumi adalah 149.000.000 km sehingga cahaya matahari bisa sampai ke bumi yaitu dalam waktu 8 menit 20 dengan kecepatan 300.000 kilometer per detik. Matahari adalah bola besar yang berisi helium dan disatukan oleh gravitasinya sendiri

Matahari memiliki beberapa wilayah. Daerah interior meliputi inti, zona radiasi, dan zona konveksi. Bergerak ke luar – berikutnya adalah permukaan yang tampak atau fotosfer, kemudian kromosfer, diikuti oleh zona transisi, dan kemudian korona yaitu atmosfer luar Matahari yang luas.

jika material meninggalkan korona dengan kecepatan supersonik, material tersebut akan menjadi angin matahari, yang membentuk “gelembung” dan magnet besar di sekeliling Matahari, yang disebut heliosfer. Heliosfer melampaui orbit planet-planet di tata surya kita. Jadi, Bumi ada di dalam atmosfer Matahari. Lalu di luar heliosfer terdapat ruang antarbintang.

Di atas fotosfer terdapat kromosfer, zona transisi, dan mahkota. Tidak semua ilmuwan menyebut zona transisi sebagai wilayah tersendiri, zona ini hanyalah lapisan tipis tempat kromosfer memanas dengan cepat dan menjadi mahkota.

Fotosfer, kromosfer, dan corona merupakan bagian dari atmosfer Matahari. (Korona terkadang disebut sebagai atmosfer Matahari, padahal sebenarnya ini adalah atmosfer bagian atas Matahari.)

Inti adalah bagian terpanas Matahari. dengan reaksi nuklir di sini, di mana hidrogen menyatu untuk membentuk helium lalu menghasilkan panas dan cahaya Matahari.

Suhunya mencapai 15 celcius dan ketebalannya sekitar 138.000 kilometer. Massa jenis inti Matahari adalah sekitar 150 gram per sentimeter kubik. Itu kira-kira 8 kali massa jenis emas atau 13 kali massa jenis timbal.

Setelah itu energi dari inti dibawa keluar melalui radiasi. Radiasi ini memantul di sekitar zona radiasi, yang memerlukan waktu sekitar 170.000 tahun untuk berpindah dari inti ke puncak zona konveksi. Bergerak ke luar, di zona konveksi, suhu turun di bawah 2 juta celcius.

Di sini, gelembung besar plasma panas (sup atom terionisasi) bergerak ke atas menuju fotosfer, yaitu lapisan yang kita anggap sebagai permukaan Matahari.

Di atmosfer Matahari kita dapat melihat fitur-fitur seperti bintik matahari, lubang korona, dan letupan api matahari.

Diameter Matahari

Dengan Karakteristik Matahari yang satu ini bakal membuat bumi kita terlihat kecil, yaitu memiliki diameter 1.392.684 km atau 109 kali lebih besar daripada bumi tapi untuk perbandingan dengan bintang lain matahari termasuk sedang atau mungkin bisa dibilang kecil.

Massa Matahari

Di karakteristik matahari yang satu ini, matahari menyumbangkan 99,8% dari semua massa di seluruh tata surya dan untuk non matahari yaitu jupiter dan saturnus lalu jika dibandingkan dengan bumi massa matahari sekitar 332.944 kali lipat dari massa bumi.

BACA JUGA: Mars & Dampak Teknologi Luar Angkasa dan 8 Insiden

Ukuran Matahari

Karakteristik dari matahari
3D Illustration of Sun and Star with Cosmic Cloud in Space

Matahari adalah objek terbesar di tata surya tapi sebenarnya matahari tidak sebesar yang kita kira jik dibandingkan dengan bintang lain seperti vy canis majoris yang besarnya sampai 1.9758 miliar km dan UY Scuti dengan diameter 1.700 kali lipat lebih besar dari matahari.

Gravitasi Matahari

Gravitasi matahari memiliki percepatan 274 meter per sekon kuadrat lalu magnet matahari bisa mencapai 3.000 kali lebih kuat karena matahari berputar lebih cepat di ekuatornya

dengan kita tahu karakteristik matahari kita dapat mengetahui kenapa matahari bisa sebesar itu pengaruhnya untuk kehidupan tidak hanya di tata surya namun juga di bumi. Namun pengaruh paling besar berada di tata surya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *