Meteor Benda Angkasa Yang Masuk Melewati Atmosfer

Meteor Benda Angkasa Yang Masuk Melewati Atmosfer

Meteor Benda Angkasa Yang Masuk Melewati Atmosfer – istilah Meteor sendiri adalah benda dari luar angkasa yang masuk ke atmosfer dan diselimuti api karena gesekan udara saat di bumi. Meteor ini berasal dari pecahan-pecahan asteroid, komet atau serpihan benda angkasa lain. Mari kita Bahas!

Meteor Benda Angkasa Yang Masuk Melewati Atmosfer

Pengertian Meteor

Meteor Benda Angkasa Yang Masuk Melewati Atmosfer

Meteor merupakan benda-benda luar angkasa yang jatuh ke bumi, banyak yang menyebut meteor bintang jatuh. Rata-rata Meteor memiliki ukuran kecil seperti butiran pasir sebelum sampai ke bumi. Bahkan Meteor juga ada yang sudah hancur dahulu sebelum memasuki bumi. Jika benda ini sudah sampai ke permukaan maka akan disebut meteorit.

Hujan Meteor atau Meteor shower adalah benda yang jatuh dari luar angkasa dan masuk ke bumi dengan jumlah yang banyak, sehingga jika kita melihat dari permukaan bumi tampak seperti hujan turun namun lebih jelas. Mungkin kalian yang sudah pernah menonton “Kimi No Nawa” tahu begaimana bentuk fenomena dari Meteor shower. Fenomena ini terjadi saat meteorit masuk dengan kecepatan tinggi.

Ciri Meteor

  1. Meteoroid adalah benda langit kecil yang mengelilingi matahari.
  2. Meteroroid tidak digolongkan sebagai bintang karena meteoroid adalah anggota dari tata surya yang tidak bis memancarkan cahaya.
  3. Meteroid memiliki kecapaatan rata-rata 60 km/detik.
  4. Meteoroid yang masuk ke bumi dan akan terbakar disebut komet.
  5. Meteoroid berukuran besar akan disebut meteorit jika permukaannya terbakar dengan atmosfer bumi.

BACA JUGA: Teori Big Bang dan Terbentuknya Alam Semesta

Fenomena Langit karena Meteor

Meteor Benda Angkasa Yang Masuk Melewati Atmosfer

Hujan Meteor Geminid

Hujan meteor ini terjadi disebabkan oleh asteroid, asteroid ini susunannya dari batuan. Asteroid yang bernama 3200 Phaethon mengorbit matahari seti 1,4 tahun, puncak hujan meteor Geminid akan jaatuh pada tanggal 13-14 Desember.

Hujan Meteor Perseid

Perseid diambil dari meteor yang melesat mengarah bumi yang berasal dari konstelasi Perseus. Perseid menjadi hujan Meteor yang paling terang daan cepat. Fenomena hujan meteor ini muncul dari pertengahan Juli hingga akhir Agustus.

Hujan Meteor Quadrantid

Hujan Meteor Quadrantid akan terlihat dari utara-timur laut pada waktu fajar dan muncul beberapa hitungan jam saja. Fenomena ini dapat disaksikan pada bulan Januari.

Asad Hibatullah
Asad Hibatullah
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *