10 Nama Bintang dan Rasi Bintang

10 Nama Bintang dan Rasi Bintang

Nama Bintang dan Rasi Bintang – Bintang adalah benda langit yang mengeluarkan cahaya dan memiliki konstelasi dan disebut rasi bintang. Selain itu ternyata beberapa bintang dan rasi bintangmemiliki namanya sendiri yang sebelumnya diberikan nama oleh para astronom. saat ini NASA memiliki 88 rasi bintang yang diakui secara resmi. Ingin tahu Nama Bintang yang Paling Terang dan Rasi Bintang Di Tata Surya? mari kita bahas!

10 Nama Bintang dan Rasi Bintang di Tata Surya

Sirius (Alfa canis Mayoris)

Bintang ini memiliki penerangan yang sangat terang, nama Sirius berasal dari Bahasa Yunani Seirios yang artinya ” berkilauan”, bintang ini terletak di konstelasi Canis Mayor. Di peradaban Mesir kuno dan Jazirah Arab bintang ini sebagai penanda banjir tahunan di Sungai Nil. Sirius sebelumnya merupakan sistem bintang biru berganda (Sirius A dan B).

Sirius A memiliki kecerlangan visual -1,47 dan masuk di dalam spektrum A1V pertanda bintag ini berada di deret utama dan termasuk bintang A1. Sementara itu Sirius B kecerlangan visual +8,44 dan termasuk ke spektrum DA 2 yang diamana bintang ini termaasuk katai putih.

Canopus (Alpha Carinae)

Bintang ini adalah bintang paling terang kedua “Canopus” diambil dari seorang navigator kapal yang bernam Canobus yang bekerja dengan Raja Menelaus dari Sparta di perang Troya. Terletak di konstelasi Carina, dengan kecerlangan visualnya -0,74 dan termasuk ke dalam kelas spektrum A9II dan tergolong ke dalam bintang raksasaa terang dengan tipe A9. Memiiki jarak 310 tahun cahaya dengan ukuran 71 kalinya matahari.

Alpha Centauri

Bintang ini memiliki sistem bintang ganda dengan masing-masing bagian mengorbit suatu titik tertentu. Alpha Centauri membutuhkan waktu 80 tahun untuk mengorbit titik tersebut. Kedua bintang ini memiliki bentuk seperti matahari karena terletak di deret utama dengan tipe bintang G dan K.

Alpha Centauri adalah sistem bintang yang paling dekat dengan Bumi, tidak mengherankan jika itu adalah pencarian exoplanet (planet di luar Tata Surya) yang intensif. Para astronom telah melihat beberapa yang diduga merupakan planet di sistem tersebut.

Para astronom telah melihat beberapa yang diduga merupakan planet di sistem tersebut. Pada tahun 2023, lima planet telah dideteksi dalam sistem Alpha Centauri. Tiga planet ditemukan di Proxima Centauri dan dua lainnya mengorbit di Alpha Centauri B. Tetapi para astronom sendiri lebih yakin dengan planet yang terlihat mengorbit Proxima Centauri.

Salah satunya, astronom di tahun 2016 menemukan Proxima Centauri b, bumi super yang mengorbit Proxima Centauri pada jarak sekitar 5 persen dari jarak antara Bumi dan matahari. Planet ini memiliki massa yang mirip dengan Bumi dan radius yang sedikit lebih besar, namun karena kedekatannya dengan bintangnya, planet ini hanya membutuhkan 11,2 hari Bumi untuk menyelesaikan orbitnya.

Arcturus (Alfa Bootis)

Bintang selanjutnya yaitu Arcturus, nama bintang ini berasal dari bahasa yunani kuno diambil dari kata Arktouros yang artinya penjaga beruang. ukurannya mencapai 25 kainya matahari dan tergolong sebagai bintag tipe raksasa kelas ke III bertipe K0.

Berwarna kemerahan atau oranye Arcturus bersuhu 4.000 derajat celcius, membuatnya ribuan derajat lebih dingin dari permukaaan matahari. Secara visual Arcturus 110 kali lebih terang daripada matahari, tapi sebenarnya energi yang dipancarkannya 180 kali lebih banyak.

Berdasarkan pengukuran Satelit Hipparcos, Acturus berjarak 43,9 tahun cahaya dari Bumi, dimana jaraknya relatif dekat dalam skala astronomi.

Vega (Alfa Lyrae)

Bintang ini memiliki kecerlangan visual +0,03 dan masuk dalam kelompok di spektrum A0va, yang dimana bintang ini tergolong di deret utama di kelas V bertipe A0. Memiliki ukuran 2,4 kali matahari.

Vega memiliki kelas spektrum A0V, dan merupakan bintang deret utama yang sedang melakukan pembakaran hidrogen menjaadi helium di dalam inti bintangnya. Vega hanya akan bersinar saatu miliar tahun saja. Vega saat ini diperkirakan berumur sekitar 200/500 juta tahun. Dengan memancarkan energi 50 kali lebih banyak bintang ini memiliki ukuran dua kali lebih besar dari Matahari.

Bintang ini resmi dimasukkan dalam katalog Nama Bintang IAU (International Astronomical Union) pada tahun 2016. Terletak di deklinasi +38,78 derajat membuat Vega haya dapat dilihat di wilayah Bumi yang berada di ataas garis lintang 51 derajat, oleh karena itu bintang ini tidak dapat diamati di Antartika juga di bagian selatan Benua Amerika salah satunya di Punta Arenas, Cile.

Capella (Alpha Aurigae)

Nama Bintang ini diambil dari Bahasa Latin yang artinya kambing kecil. Capella merupakan bintang empat yang terdiri dari dua bintang biner. Bintang A dalam sistem Capella adalah biner spektroskopi. Baik Capella Aa dan Capella Ab, keduanya memiliki ukuran 10 kali diameter matahari serta memancarkan sekitar 80 dan 50 kali lebih terang dari matahari.

Lalu Capella H dan Capella L merupakan katai merah kecil, Keduanya sekitar 10.000 unit astronomi (AU) dari pasangan pertama. Para astronom mengukur magnitudo gabungan dari sistem ini yakni 0,08.

Rigel (Beta Orionis)

Rigel, juga disebut Beta Orionis adalah salah satu bintang paling terang di langit, secara intrinsik maupun penampilan. Dimana supergiant biru-putih berada di konstelasi Orion, Rigel berjarak sekitar 870 tahun cahaya dari Matahari dan sekitar 47.000 kali lebih bercahaya. Memiliki magnitudo keenam, nama Rigel berasal dari istilah Arab yang berarti “Rijil Al-Jauzah” atau “Rijil Al-Jabbar” yang berarti kaki kiri raksasa yang mengacu pada sosok Orion. Dengan ukuran 79 kali matahari.

Procyon (Alpha Canis Minoris)

Procyon, juga disebut Alpha Canis Minoris, bintang paling terang di konstelasi utara Canis Minor (Lesser Dog) dan salah satu yang paling terang di seluruh langit, dengan magnitudo visual 0,41. Procyon terletak 11,4 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan biner visual, subgiant berwarna kuning-putih terang dengan pendamping Bintang kerdil (Dwarf) putih samar sekitar magnitudo 10. Berasal dari kata-kata Yunani yang sebelum anjing atau dibelakang anjing, merupakan bintang gandayang terdiri atas Procyon A dan Procyon B sebesar +0,34 dengan jarak 11,5 tahun cahaya.

Achernar (Alfa Eridani)

Achernar, juga disebut Alpha Eridani, bintang ini paling terang di rasi bintang Eridanus dan bintang paling terang urutan kesembilan di langit. Achernar (bahasa Arab untuk “ujung sungai”) berjarak 144 tahun cahaya dari Bumi. Merupakan bintang biner dengan bintang tipe-B, lalu Achernar A sebagai bintang utamanya dan bintang tipe-A yang jauh lebih redup, Achernar B mengorbit primer pada jarak 6,7 unit astronomi (1 miliar km, atau 1000 km) dengan periode sekitar 15 tahun. Achernar A berputar dengan kecepatan lebih dari 250 km (150 mil) per detik dan dengan demikian diratakan dengan diameter khatulistiwa yaitu 40 persen lebih besar dari diameter kutubnya.

Betelgeuse (Alfa Orionis)

Bintang ini terletak di konstelasi Orion dengan kecerlangan visual +0,0 hingga +1,6. Bintang semireguler kemrahan yang memiliki rentang kecerlangan paling lebar dibandingkan bintang bermagnitudo yang pertama. Memiliki jarak sekitar 548 tahun cahaya dengan ukuran 764 kali matahari.

BACA JUGA: Bintang, Apa itu Rasi Bintang

88 Nama Rasi Bintang

Dikutip dari laman resmi NASA, berikut 88 nama rasi bintang dengan bahasa Latin dan artinya.

  1. Andromeda, putri Ethiopia.
  2. Antlia, pompa udara.
  3. Apus, burung surgawi.
  4. Aquarius, pembawa air.
  5. Aquila, elang.
  6. Ara, altar.
  7. Aries, ram.
  8. Auriga, kusir.
  9. Bootes, gembala.
  10. Caelum, alat pengukir.
  11. Camelopardalis, jerapah.
  12. Cancer, kepiting.
  13. Canes Venatici, anjing pemburu.
  14. Canis Major, anjing besar.
  15. Canis Minor, anjing kecil.
  16. Capricornus, kambing laut.
  17. Carina, dasar kapal Argonauts.
  18. Cassiopeia, ratu Etiopia.
  19. Centaurus, Centaurus (makhluk mitologi manusia dengan kaki dan badan kuda).
  20. Cepheus, raja Ethiopia.
  21. Cetus, monster air (paus).
  22. Chamaeleon, bunglon.
  23. Circinus, kompas.
  24. Columba, merpati.
  25. Coma Berenices, rambut Berenice.
  26. Corona Australis, mahkota selatan.
  27. Corona Borealis, mahkota utara.
  28. Corvus, gagak.
  29. Crater, cangkir.
  30. Crux, salib atau silang (selatan).
  31. Cygnus, angsa.
  32. Delphinus, lumba-lumba.
  33. Dorado, ikan todak.
  34. Draco, naga.
  35. Equuleus, kuda kecil.
  36. Eridanus, sungai.
  37. Fornax, perapian.
  38. Gemini, saudara kembar.
  39. Grus, bangau.
  40. Hercules, Hercules (anak Zeus).
  41. Horologium, jam.
  42. Hydra, ular laut.
  43. Hydrus, ular air.
  44. Indus, orang asli Asia atau Amerika.
  45. Lacerta, kadal.
  46. Leo, singa.
  47. Leo Minor, singa kecil.
  48. Lepus, terwelu (mirip kelinci).
  49. Libra, timbangan.
  50. Lupus, serigala.
  51. Lynx, lynx (kucing hutan).
  52. Lyra, lyre atau harpa.
  53. Mensa, gunung meja.
  54. Microscopium, mikroskop.
  55. Monoceros, unicorn.
  56. Musca, lalat.
  57. Norma, leveling tukang.
  58. Octans, oktan/kuadran.
  59. Ophiuchus, pemegang ular.
  60. Orion, pemburu.
  61. Pavo, merak.
  62. Pegasus, pegasus (kuda terbang).
  63. Perseus, Perseus (pahlawan yang menyelamatkan Andromeda).
  64. Phoenix, Phoenix.
  65. Pictor, easel (sandaran papan tulis/kanvas).
  66. Pisces, ikan-ikan.
  67. Piscis Austrinus, ikan selatan.
  68. Puppis, buritan kapal Argonauts.
  69. Pyxis, kompas kapal Argonauts.
  70. Reticulum, jaring.
  71. Sagitta, panah.
  72. Sagittarius, pemanah.
  73. Scorpius, kalajengking.
  74. Sculptor, alat pematung.
  75. Scutum, tameng Raja Sobiescianium.
  76. Serpens, ular.
  77. Sextans, Sextant.
  78. Taurus, banteng.
  79. Telescopium, teleskop.
  80. Triangulum, segitiga.
  81. Triangulum Australe, segitiga selatan.
  82. Tucana, burung tukan.
  83. Ursa Major, beruang besar.
  84. Ursa Minor, beruang kecil.
  85. Vela, layar kapal Argonauts.
  86. Virgo, perempuan suci.
  87. Volans, ikan terbang.
  88. Vulpecula, rubah.

Asad Hibatullah
Asad Hibatullah
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *