Mars Planet Merah yang Terlihat Gersang

Mars

Mars Planet Merah yang Terlihat Gersang – Merupakan planet keempat di Tata Surya, salah satu planet terdekat dengan Bumi setelah Venus. Memiliki warna oranye sebagai ciri khas dari planet ini, dan terlihat seperti gersang.

Namun planet ini memiliki hal menarik untuk diketahui. Planet ini jika dilihat dari jauh memiliki warna merah, dan dinamai “Mars” dewa perang Romawi karena sering dikaitkan dengan peperangan dan pembantaian. Dijuluki “planet merah” Mars merupakan planet berbatu dengan atmosfer tipi dan di permukaannya terdapat kawah.

Terdapat kawah, gunung berapi lembah, gurun serta lapisan es. Memiliki diameter 6.780 kilometer dan ukuran tersebut adalah setengah dari Bumi. Jarak Matahari dan Mars adalaah 228 juta kilometer.

Mars Planet Merah yang Terlihat Gersang

Ciri

Planet ini kurang padat dari Bumi dan hanya 15% dari volume dan 11% dari massa Bumi. Planet Mars memiliki ukuran yang besar dari Merkurius namun tidak padat seperti Merkurius.

Kedua planet tersebut memiliki gravitasi yang hampir sama di permukaaan, dan gravitasi Mars kurang dari 1% lebih kuat, ukuran, massa dan gravitasi permukaan Mars terletak antara Bumi dan Bulan.

Disebut Planet Merah

Dinamai planet merah karena warnanya. Warna merah ini disebabkan oleh oksidasi mineral besi di dalam dan di permukaan. Sehingga proses ini meciptakan pemandangan merah jika dilihat dari jauh. Warna merah ini diperkirakan telah ada 4,5 miliar tahun.

Sebagai bagian dari pembentukan Tata Surya, terdapat bijih besi yang tercipta dan mengalir melalui pusat planet.

Satelit Mars

Mars Planet Merah yang Terlihat Gersang

Mars mengorbit dua bulang Phobos dan Deimos, keduanya tertutup debu dan batuan lepas dengan batuan karbon bercampur es. Kedua satelit ini berukuran leih kecil dari bulan dan memiliki bentuk tidak beraturan.

Bagaimanaa Phobos dan Deimos bisa ada pun masih misterius. Menurut NASA sebagian besar ilmuwan percaya gravitasi Mars mendorong satelit ke orbit di sekitar bulan, karena komposisinya mirip dengan asteroid yang ditemukan di tempat lain di Tata Surya.

Rotasi

Mars rotasinya berlangsung selama 24,6 jam. Mars memiliki sudut kemiringan dan waktu rotasi hampir sama dengan Bumi. Melansir NASA, sebagai planet keempat yang terletak sekitar 225 juta kilometer dari Matahari. Mars baru saja menyelesaikan rotasinya selama 24,6 jam, atau 24 jam, 39 menit dan 35,244 detik. Rotasi ini sesuai dengan periode rotasinya, yang dapat diaanggap hmapir dua kali lipat dari rotasi Bumi.

Permukaan

Mars Planet Merah yang Terlihat Gersang

Karena planet ini berbatu yang dimana permukaannya kering, berdebu, dan berbatu. Di bagian selatan justru permukaannya jauh lebih kasar dan memiliki banyak kawah dan dataran tinggi.

Di bagian utara Mars terdapat cekungan datar yang kelihatan seperti danau kering atau dasar sungai yang berkelok-kelok. Mars memiliki gunung yang bernama Olympus Mons, yang tingginya sekitar 25 kilometer lebih.

Musim

Karena porosnya yang miring, planet inin memiliki musim yang tergantung pada orbitnya Matahari di Mars. Bagian Bumi utara musim semi adalah musim terpanjang selama tujuh bulan. Musim panas dn gugur sekitar 6 bulan.

Musim dingin hanya berlangsung empat bulan. Selama musim panas Mars, tutup kutub yang sebagian besar terdiri dari es karbon dioksidaa, dapat menyusut dan menghilang sepenuhnya. Lalu pada saat musim dingin lapisan es akan kembali ke bentuk asalnya.

Saat musim dingin Bumi berlangsung 89 hari sedangkan Mars berlangsung selama 154 hari (5 bulan).

Planet Terkecil Kedua di Tata Surya

Mars hanya lebih besar dari Merkurius, Mars adalah planet terkecil kedua setelah Merkurius. Diameter planet ini sekitar 6.779 kilometer. Mars 50% lebih kecil dari Bumi. Planet ini juga memiliki perbedaaan ukuran kutub dn khatulistiwa. Tidak terlepas dari proses rotasi. Diameter kutub Mars sekitar 6.725 kilometer dan di khatulistiwa sekitar 6.794.

Memiliki Gunung Tertinggi di Tata Surya

Mars Planet Merah yang Terlihat Gersang

Jika di Bumi memiliki gunung tertinggi bernama Everest sama halnya Mars, memiliki gunung paling tinggi di Tata Surya yang bernama Olympus, Dimana Everest memiliki tinggi 8.849 meter di atas permukaan laut.

Mars memilki gunung yang tingginya 3 kali lebih tinggi dari gunung Everest juga melebihi kedalaman palung mariana.

BACA JUGA: Astronot yang Meninggal dan Menghilang di Luar Angkasa

Orbit

Orbitnya yaitu satu tahun lebih lama dari Bumi. Saatu tahun di Mars berarti 687 hari atau 1,88 tahun. Durasi planet ini tidaak terlepaas dari jarak dari Matahari dan jarak mengelilingi Matahari sekitar 105 juta kilometer.

Atmosfer Tipis

Salah satu kendala manusia untuk pergi ke Mars adalah keadaan planet yang memiliki atmosfer yang sangat tipis. Ketebalan atmosfer planet ini saat ini kurang dari 1% atmosfer Bumi. Badai Mataharilaah yang menyebabkan hilangnya medan magnet Mars selama ratusan juta tahun.

Magnetosfer

Melansir NASA, Mars saat ini tidak memiliki medan magnet global, tetapi daerah di kerak Mars di belahan bumi bagian selatan sangat termagnetisasi dan menunjukkan jejak medan magnet dari 4 miliar tahun yang lalu.

Suhu

Planet ini terdiri dari karbon dioksida 95% dan nitrogen, argon, oksigen juga gas lainnya. Tekaanaan atmosfernya sekitar seperseratus dari Bumi, Mars memiliki suhu siang malam yang ekstrim karena atmosfer yaang tipis suhu tersebut tidak pernaah melebihi 20 celcius.

Suhu rata-rata di planet Mars adalah minus 60 derajat celcius lalu di musim dingin hingga 125 derajat celcius pada msuim panasnya bisa mencapai 20 derajat celcius didekat khatulistiwa, tetapi di mlaam hari bisa mencapai minus 73 derajat celcius.

Planet ini menjadi salah satu planet yang membuat para peneliti tertarik, Planet yang kita bahas ini memiliki karakteristik unik dari permukaannya yang dipenuhi oleh lautan batuan dan bukite serta potensi air dan jejak kehidupan mikroba di masa lalu. Eksplorasi yang dilakukan oleh robot maupun rencana menenerbangkan manusia ke Mars menunjukkan upaya manusia untuk lebih memahami dan menjelajahi planet tetangga ini.

Walaupun masih banyak misteri yang harus dipecahkan, penelitian tentang planet ini memberikan wawasan yang berharga tentang evolusi planet dan dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang asal-usul dan perkembangan sistem tata surya kita. Dengan terus melakukan penelitian dan eksplorasi, kita dapat mengungkap lebih banyak misteri Mars dan memperluas pengetahuan kita tentang planet ini serta potensinya dalam mendukung kehidupan manusia di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *